cara mengatasi asam lambung naik secara alami dan efektif untuk anda

Berbagai cara mengatasi asam lambung naik yang benar

Asam Lambung – Bagaimana cara mengatasi asam lambung naik? Pertanyaan tersebut tentu sering kita dengar ketika ada yang mengeluhkan asam lambungnya naik. Seperti yang diketahui, saat asam lambung naik maka hal itu akan menimbulkan beberapa gejala yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Beberapa diantaranya adalah rasa panas seperti terbakar di dada, perut kembung, rasa asam dan pahit di mulut hingga sering bersendawa dan batuk kronis. Oleh karena itu sangat penting mengetahui bagaimana upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi asam lambung yang naik.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik dengan Benar

cara mengatasi asam lambung naik secara alami dan efektif

Meskipun naiknya asam lambung sering dialami oleh banyak orang, namun tentunya efek dan gejala yang ditimbulkan membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Apalagi jika kondisi tersebut tidak diatasi dengan segera, maka bisa menimbulkan dampak yang lebih parah.

Secara umum, untuk mengatasi keluhan asam lambung biasanya akan disarankan untuk mengubah gaya hidup dan pola makan.

Karena tidak dipungkiri bahwa salah satu penyebab naiknya asam lambung adalah karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Selain itu, pada saat asam lambung naik maka diperlukan upaya penanganan yang tepat agar gejala yang dirasakan tidak bertambah parah.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kita bahas bagaimana cara atasi asam lambung naik dengan benar.

1. Mengkonsumsi Jenis Makanan Yang Mampu Menetralisir Asam Lambung

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan asam lambung naik adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan yang efektif untuk menetralisir asam lambung.

Beberapa jenis makanan diketahui memiliki kemampuan untuk menetralkan asam lambung yang naik.

Adapun jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi antara lain adalah:

Sayuran

Sayuran memiliki kandungan serat yang cukup tinggi namun kandungan lemak dan gulanya rendah.

Dengan mengkonsumsi sayuran, maka hal itu akan membantu meredakan asam lambung yang naik.

Sayuran yang dianjurkan antara lain adalah wortel yang bukan hanya kaya serat tetapi juga mengandung vitamin B6 yang mampu menetralisir asam lambung.

Selain itu ada kembang kol dengan pH tinggi yang sifatnya basa, bayam, timun, seledri dan brokoli.

Melon dan Pisang

Cara mengatasi asam lambung naik selanjutnya bisa dengan mengkonsumsi melon dan pisang.

Kandungan magnesium yang tinggi pada melon bersifat basa sehingga efektif untuk mengatasi asam lambung yang naik.

Sedangkan kandungan serat yang tinggi pada pisang akan membantu menetralkan asam lambung dan melancarkan sistem pencernaan.

Dengan mengkonsumsi pisang maka gejala asam lambung yang dirasakan bisa lebih ringan.

Oatmeal

Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal akan membantu mengatasi asam lambung yang naik.

Oatmeal bisa dikonsumsi dengan susu rendah lemak sehingga akan semakin efektif untuk menetralisir asam lambung.

2. Menghindari Berbagai Jenis Makanan Pemicu Asam Lambung

Mengatasi asam lambung bukan hanya dengan mengkonsumsi jenis makanan penetral asam lambung saja, tetapi juga harus menghindari makanan pemicunya.

Dengan cara tersebut maka proses penurunan asam lambung akan berjalan lebih efektif dan maksimal.

Beberapa jenis makanan pemicu yang sebaiknya dihindari saat asam lambung naik antara lain adalah makanan berlemak, makanan asam dan pedas, makanan yang aromanya kuat seperti bawang putih, minuman yang mengandung kafein, alkohol serta minuman bersoda.

3. Mengkonsumsi Obat Pereda Asam Lambung

Cara menghilangkan asam lambung yang dianggap efektif untuk meredakan keluhan asam lambung dalam waktu singkat adalah dengan mengkonsumsi obat pereda asam lambung.

Beberapa jenis obat yang disarankan antara lain adalah:

Antasida

Obat asam lambung ini secara efektif akan menetralkan asam lambung dan meredakan gejala yang muncul.

Antasida bisa dikonsumsi 1 jam setelah makan atau ketika merasakan gejala asam lambung naik.

Obat Herbal Asam Lambung Gastrofit

Obat herbal asam lambung yang efektif menurunkan asam lambung adalah Gastrofit.

Gastrofit mengandung herbal alami ekstrak sambiloto, spirulina dan ekstrak kunir sehingga tidak memiliki efek samping ke ginjal.

Sifatnya memperbaiki luka iritasi pada lambung sehingga memberikan tujuan penyembuhan pada lambung.

Ranitidin

Ranitidin merupakan obat pereda asam lambung yang bekerja dengan cara menekan jumlah produksi asam lambung yang berlebih.

Sebagai informasi, obat ini tidak dijual bebas sehingga untuk mendapatkannya diperlukan resep dokter.

Lansoprazole

Sama seperti Ranitidin, Lansoprazole juga bekerja dengan cara menekan produksi asam lambung.

Obat ini akan meredakan gejala asam lambung seperti sulit menelan dan nyeri ulu hati.

Sebagai informasi, obat ini tidak dianjurkan bagi ibu hamil.

4. Berhenti Merokok

Selain mengkonsumsi makanan dan obat penetral asam lambung, cara mengatasi asam lambung naik bisa dengan mengubah gaya hidup yang lebih sehat.

Salah satunya adalah dengan berhenti merokok.

Karena kebiasaan merokok bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada lapisan lambung dan kerongkongan.

Selain itu juga bisa menurunkan kekuatan otot kerongkongan dan meningkatkan produksi asam lambung.

5. Mengkonsumsi Air Hangat dengan Campuran Lemon dan Madu

Mengatasi asam lambung naik bisa dilakukan tanpa perlu mengkonsumsi obat, salah satunya bisa dengan air hangat yang dicampur lemon dan madu.

Mungkin banyak yang meragukan khasiat dari air lemon dan madu karena khawatir akan memperparah keluhan asam lambung.

Meskipun lemon memiliki rasa yang sangat asam, namun dengan mencampurkan beberapa tetes air lemon dengan segelas air hangat dan madu, hal itu justru akan meredakan asam lambung.

Pasalnya air lemon tersebut akan bersifat basa sehingga mampu menetralisir asam.

6. Mengatur Jam Makan dengan Benar

Jam makan yang baik untuk penderita asam lambung harus sangat diperhatikan.

Seperti yang diketahui, waktu makan yang tidak tepat bisa menyebabkan asam lambung naik.

Dengan mengatur jam makan yang benar, maka hal itu akan meminimalisir risiko asam lambung naik.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh jadwal jam makan yang sebaiknya diperhatikan penderita asam lambung:

Waktu MakanJam MakanMenu yang Dianjurkan

Pagi hari

06.00 – 08.00

09.30 – 11.30

Menu sarapan rendah lemak (pisang, oatmeal, sereal)

Camilan sehat (buah-buahan, roti gandung, kentang rebus)

Siang hari12.00 – 13.00Menu makan siang dengan gizi seimbang (nasi, ayam, ikan, telur, daging, sayur)
Sore hari16.00Makanan ringan (kacang-kacangan, bubur kacang hijau, air kelapa)
Malam hari18.00 – 19.00Menu makanan dengan gizi seimbang

Selain memperhatikan jam makan yang tepat, sangat dianjurkan untuk makan dalam porsi yang wajar dan tidak berlebihan, serta mengunyah sampai lembut.

Selain itu, usahakan untuk tidak makan berat setidaknya 3 jam sebelum tidur agar tidak memicu asam lambung naik.

7. Mengenakan Pakaian Longgar

Pertolongan pertama saat asam lambung kambuh adalah dengan mengenakan pakaian yang longgar.

Pasalnya pakaian yang cukup ketat akan meningkatkan tekanan di bagian perut sehingga bisa memperparah keluhan asam lambung.

8. Mengelola Stress

Salah satu sebab naiknya asam lambung adalah stress dan kecemasan.

Oleh karena itu bisa diatasi dengan mengelola stress secara tepat.

Diantaranya adalah dengan melakukan olahraga, refreshing, meditasi, melakukan hobi yang disukai, dan konsultasi profesional.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Penyebab Sensasi Globus

banyak ciri ciri asam lambung dapat terjadi pada tubuh kita

Ada kalanya asam lambung yang naik juga menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan dan seperti ada yang mengganjal.

Kondisi ini dikenal dengan istilah sensasi globus.

Meskipun tidak terasa sakit, namun tetap saja membuat penderitanya tidak nyaman.

Sensasi globus bisa terjadi karena asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan mengiritasi kerongkongan.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan rasa mengganjal di tenggorokan akibat asam lambung? Dalam hal ini ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasinya, yaitu:

1. Makan secara Perlahan

Cara yang pertama adalah makan secara perlahan, sehingga makanan bisa dikunyah dengan sempurna dan tidak akan memberatkan kerja lambung.

Dengan cara ini maka potensi asam lambung naik akan berkurang dan rasa mengganjal di tenggorokan hilang.

2. Menghindari Minuman Bersoda dan Alkohol

Cara lainnya adalah menghindari minuman bersoda maupun alkohol.

Kedua minuman tersebut merupakan pemicu naiknya asam lambung.

Dengan tidak mengkonsumsinya maka akan menurunkan risiko asam lambung kambuh dan menghilangkan sensasi globus.

3. Minum Air Putih dalam Jumlah Cukup

Minum air putih dalam jumlah yang cukup akan membuat tubuh tetap terhidrasi dan membantu meningkatkan proses pencernaan.

Dengan rutin mengkonsumsi air hangat maka hal itu akan meminimalisir gejala asam lambung, termasuk rasa mengganjal di tenggorokan.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Penyebab Sesak Nafas

Naiknya asam lambung biasanya disertai dengan beberapa gejala seperti heartburn, mual dan muntah, perut kembung dan bahkan sesak napas.

Kondisi ini terjadi karena asam lambung masuk ke paru-paru sehingga saluran pernapasan menyempit dan mengalami iritasi.

Agar terhindar dari risiko yang lebih parah, maka diperlukan cara mengatasi sesak nafas karena asam lambung yang tepat.

Seperti pada beberapa cara yang akan dijelaskan berikut ini:

1. Pursed-Lip Breathing

Tujuan dari pursed-lip breathing adalah memperlambat pernapasan sehingga tidak perlu bekerja keras saat bernapas.

Dengan teknik ini maka udara dari paru-paru bisa dikeluarkan secara lebih maksimal dan memungkinkan udara yang masuk ke paru-paru lebih banyak.

Caranya adalah dengan menarik napas melalui hidung dengan mulut tertutup selama 2 detik.

Kemudian bibir digerakkan seperti akan bersiul dan hembuskan napas melalui mulut selama 4 detik.

Teknik ini bisa diulangi sampai sesak napas mereda.

2. Duduk dan Menyandarkan Kepala di Meja

Cara mengatasi asam lambung naik yang menyebabkan sesak napas juga bisa dilakukan dengan duduk dan menyandarkan kepala di meja.

Caranya adalah dengan duduk di kursi dan meletakkan telapak kaki di lantai dalam posisi yang rata.

Kemudian tubuh menghadap meja dan condongkan bagian dada ke arah depan, sementara kedua tangan diletakkan di atas meja.

Lengan tersebut bisa dijadikan sebagai tumpuan kepala atau agar lebih nyaman bisa menggunakan bantal kecil.

Dengan melakukan posisi ini maka kapasitas paru-paru akan meningkat sehingga napas lebih mudah diatur dan lebih nyaman.

3. Pernapasan Diafragma

Teknik ini akan melibatkan otot diafragma dan bertujuan meningkatkan kapasitas di paru-paru sehingga napas lebih lega.

Adapun caranya adalah dengan posisi duduk dan meletakkan kedua tangan di perut.

Kemudian tarik napas melalui hidung secara perlahan sampai terasa gerakan perut naik.

Hembuskan napas dengan posisi bibir seperti bersiul secara perlahan sambil mengencangkan otot di bagian perut dan merasakan perut yang masuk ke dalam.

Ulangi sampai mereda.

4. Duduk dengan Posisi Dada Condong ke Depan

Cara mengatasi asam lambung naik ke dada yang memicu sesak napas berikutnya adalah dengan duduk dan mencondongkan dada ke depan.

Cara ini hampir sama dengan cara sebelumnya yang menyandarkan kepala di meja, namun pada cara ini tidak menggunakan meja.

Caranya yaitu dengan duduk di kursi dan kaki diletakkan di lantai dengan posisi telapak kaki rata.

Kemudian dada dicondongkan ke depan dan bagian siku disandarkan pada lutut.

Tarik napas dan hembuskan dengan posisi otot leher dan bahu yang rileks.

5. Bersandar di Dinding

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi sesak napas akibat asam lambung naik adalah dengan bersandar di dinding.

Caranya adalah berdiri dekat dinding dengan posisi kaki sejajar bahu.

Dinding akan menjadi penopang punggung sehingga lebih rileks.

Kemudian pinggul disandarkan pada dinding dan kedua tangan berada di paha.

Bahu dalam keadaan rileks dan tubuh dicondongkan ke depan.

Lakukan gerakan mengayunkan tangan untuk meredakan sesak napas dan membuat saluran pernapasan rileks.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik pada Malam Hari

ciri ciri asam lambung kronis dan sangat berbahaya

Kebiasaan makan berat di malam hari dan langsung tidur setelahnya bisa menyebabkan asam lambung naik sehingga membuat tidur jadi tidak nyaman.

Untuk mengatasi keluhan asam lambung yang naik di malam hari, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Meninggikan Posisi Kepala saat Berbaring

Salah satu cara yang perlu dicoba adalah dengan meninggikan posisi kepala pada saat berbaring.

Hal ini akan mencegah kemungkinan asam lambung naik ke kerongkongan sehingga bisa mendapatkan tidur yang lebih nyaman.

2. Posisi Tubuh Miring ke Kiri

Posisi tidur saat asam lambung naik sebaiknya miring ke kiri.

Karena jika posisinya miring ke arah kanan, maka hal itu akan menyebabkan otot kerongkongan atau sfingter esofagus lebih rileks sehingga meningkatkan risiko asam lambung naik.

3. Hindari Tidur dalam Posisi Terlentang

Tidur dengan posisi terlentang akan meningkatkan tekanan di perut, akibatnya asam lambung akan terdorong naik hingga ke kerongkongan.

Oleh karena itu disarankan untuk tidak tidur dalam posisi terlentang sebagai upaya untuk mencegah naiknya asam lambung.

Kesimpulan

Cara mengatasi asam lambung naik bisa dengan beberapa cara. Salah satunya adalah mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang efektif untuk menetralisir asam di lambung. Seperti air hangat yang dicampur lemon dan madu, karena mampu meredakan asam lambung secara cepat.

FAQ

Untuk mengatasi asam lambung naik, Anda dapat mengambil beberapa langkah. Pertama, perhatikan pola makan Anda. Makan dalam porsi kecil, hindari makanan pedas, berlemak, berkarbonasi, cokelat, dan minuman berkafein. Minum cukup air juga membantu mengencerkan asam lambung.

Pengaturan posisi tidur juga penting. Coba angkat kepala tempat tidur dengan bantal tambahan atau tidur dengan posisi miring ke kiri.

Selain itu, gunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter jika diperlukan, seperti antasida atau inhibitor pompa proton (PPI).

Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan pedas, berlemak, berkarbonasi, cokelat, dan minuman berkafein. Ini karena makanan ini dapat merangsang produksi asam lambung yang lebih tinggi dan memicu gejala. Lebih baik mengonsumsi makanan rendah asam dan tinggi serat, seperti sayuran non-asam dan buah-buahan.

Untuk mengatasi asam lambung naik saat tidur malam, Anda dapat mengangkat kepala tempat tidur Anda dengan bantal tambahan atau tidur dengan posisi miring ke kiri. Ini membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan saat Anda tidur, karena posisi ini memungkinkan lambung berada di bawah kerongkongan. Minumlah Gastrofit, obat herbal asam lambung yang efektif membantu proses penyembuhan penyakit asam lambung. Hindari makan makanan berat sebelum tidur dan berikan waktu minimal 2-3 jam antara makan malam dan tidur.