daftar kb yang cocok untuk penderita tekanan darah tinggi

KB yang Cocok dan Aman untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Bagi para penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) tidak boleh sembarangan dalam menjalani program keluarga berencana (KB). Para dokter kini menyarankan beberapa KB yang cocok untuk penderita tekanan darah tinggi dengan tujuan mencegah komplikasi atau masalah kesehatan lainnya.Pihak keluarga yang ingin menjalankan program Keluarga Berencana (KB) perlu tahu bahwa riwayat kesehatan sangat berperan penting demi kelancaran KB. Usahakan pilih metode KB paling tepat sesuai kondisi medis, kalau perlu konsultasi kepada dokter kandungan masing-masing sebelum melakukannya.

Daftar KB yang Cocok untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

kb yang cocok dan aman untuk penderita tekanan darah tinggiTentunya ada beberapa jenis alat kontrasepsi yang aman digunakan oleh penderita hipertensi.Walaupun tidak semua metode kontrasepsi bisa digunakan secara bebas, namun setidaknya bisa membantu memberikan kenyamanan dan keamanan.Penasaran dengan KB khusus bagi penderita hipertensi, baca penjelasannya berikut ini:

1. Pil Laktasi

Pernah mengonsumsi pil laktasi sebelumnya? Pil laktasi atau pil KB memiliki kandungan hormon progesterone yang aman digunakan para penderita hipertensi. Jenis pil laktasi biasanya berisi 28 butir, kemudian tiap pilnya mengandung 0,5 mg hormon progesteron atau linestrenol.Sampai saat ini, pil laktasi diakui aman dan memberikan efektivitas mencapai 91% dalam upaya mencegah kehamilan pada wanita. Tidak hanya cocok digunakan para penderita hipertensi, namun pil laktasi justru menjadi langganan ibu rumah tangga yang tidak memiliki masalah kesehatan.Pil KB untuk hipertensi memang sepenuhnya aman, akan tetapi kita harus memperhatikan dosis yang tepat dalam pemakaiannya. Jika terlalu sembrono dalam mengonsumsi dosis pil KB, takutnya malah membuat tekanan darah lebih tinggi dari kadar sebelumnya.

2. KB Implan

Selain pil laktasi, KB implan juga cocok dikonsumsi oleh para penderita darah tinggi untuk program mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Bagaimana cara penggunaannya? KB implan biasa diaplikasikan menggunakan batang ukuran kecil yang disuntikkan pada lengan pasien.KB yang cocok untuk penderita tekanan darah tinggi kali ini bisa melepaskan hormon progestin guna mencegah terjadinya ovulasi. Tidak kalah dengan pil laktasi, KB implan ternyata mampu memberikan efektivitas 99% dalam mencegah terjadinya pembuahan pada rahim wanita.

3. Suntik KB

Banyak ibu rumah tangga yang memilih rutin suntik KB untuk mencegah terjadinya kehamilan. Hal ini dikarenakan layanan suntik KB lebih murah, sehingga cocok digunakan semua kalangan. Bagi para penderita hipertensi juga bisa suntik KB 3 bulan sekali, namun perhatikan kadar darahnya.Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), wanita yang memiliki tekanan darah sekitar 160/100 mmHg tidak dianjurkan melakukan suntik KB. Jika masih dipaksakan, malah akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti pusing, mual bahkan pingsan.KB untuk hipertensi haruslah aman dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan serius bagi para penggunanya. Walaupun suntik KB terbukti efektif mencegah kehamilan, sebaiknya kita tetap melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu kepada tenaga kesehatan berpengalaman.

4. IUD Tembaga

IUD tembaga berbentuk perangkat huruf “T” yang bisa dimasukkan ke dalam rahim guna mencegah terjadi kehamilan. Alat kontrasepsi kali ini juga cocok digunakan oleh penderita hipertensi karena tidak membutuhkan kriteria kesehatan tertentu. Bagaimana cara kerja IUD?Ketika perangkat dimasukkan ke dalam tubuh, maka akan melepaskan hormon progestin dalam tubuh. Alat kontrasepsi kali ini bisa dikatakan bebas hormon, oleh sebab itu masuk dalam kategori KB yang cocok untuk penderita tekanan darah tinggi.Berdasarkan pemaparan laman self.com, alat kontrasepsi IUD mampu bertahan selama 10 tahun untuk sebagian wanita. Tidak perlu khawatir, perangkat kontrasepsi sudah terbukti aman dan bisa memberikan efektivitas sampai 99% dalam mencegah kehamilan.

5. Kondom

Alat kontrasepsi kali ini tidak hanya bisa digunakan oleh kalangan wanita, namun pria juga bisa menggunakannya saat melakukan hubungan intim. Walaupun ektifitas dalam mencegah kehamilan kurang optimal, namun kondom termasuk alat kontrasepsi yang bisa mencegah penyakit IMS.IMS (Infeksi Menular Seksual) bisa terjadi kepada siapa saja, oleh sebab itu penting memeriksakan diri ke dokter. Faktor penyebabnya juga beragam seperti sering gonta-ganti pasangan, pola hidup tidak sehat, infeksi bakteri, dan masalah kesehatan lainnya. Tertarik menggunakannya?Kondom aman digunakan oleh pria atau wanita yang memiliki gangguan tekanan darah tinggi. Kita bisa membelinya bebas melalui minimarket, apotek, dan toko online. Pastikan pemakaian kondom sudah tepat, kemudian hindari penggunaan pelumas dari bahan kimia berbahaya.

6. Tubektomi

Tekanan darah tinggi harus apa untuk mencegah kehamilan? Lakukan metode kontrasepsi yang dinamakan dengan tubektomi. Tubektomi dilakukan dengan memotong atau mengikat saluran tuba falopi wanita, sehingga sel sperma dan sel telur tidak akan mengalami pembuahan.Pilihan teknik tubektomi cukup beragam mulai dari bedah laparoskopi, minimalaparatomy, dan tuba implan. Tubektomi bisa melindungi kita dari IMS (infeksi menular seksual), kemudian tingkat efektivitasnya juga mencapai angka 99,9% sama dengan metode lainnya.

7. Penggunaan Spermisida

KB yang cocok untuk penderita tekanan darah tinggi bisa melalui metode spermisida. Alat kontrasepsi kali ini bisa digunakan para wanita untuk membunuh sel sperma. Spermisida bisa bantu menghambat pergerakan sperma sebelum sampai sel telur.Spermisida memiliki berbagai macam bentuk mulai dari gel, krim, busa, vaginal contraceptive film (VCF), spermisida supositori, dan tablet. Penggunaannya dioleskan bagian vagina dekat leher rahim beberapa saat sebelum melakukan hubungan seks, sehingga bisa bekerja saat ejakulasi.Kontrasepsi (KB) memiliki 2 jenis diantaranya KB hormonal dan KB non hormonal. KB hormonal meliputi suntik KB, pil KB, dan implan KB. Sedangkan KB non hormonal meliputi IUD spiral, kondom, tubektomi, spermisida, diafragma, dan lainnya. Manakah yang lebih aman?

Kesimpulan

Sebenarnya hampir keseluruhan aman sebagai KB yang cocok untuk penderita tekanan darah tinggi. Saat menggunakan KB hormonal, pasien wajib melakukan pemeriksaan medis lebih dulu. Berhubung konsepnya memasukkan hormon, dikhawatirkan dosis berlebih akan menyebabkan masalah kesehatan.

FAQ

Untuk penderita tekanan darah tinggi, metode kontrasepsi non-hormonal seperti kondom, diafragma, atau spiral tembaga dapat menjadi pilihan yang lebih aman. Hormon dalam pil KB atau alat kontrasepsi hormonal lainnya dapat mempengaruhi tekanan darah, sehingga konsultasikan dengan dokter untuk memilih opsi yang sesuai.
Penggunaan pil kontrasepsi hormonal perlu dievaluasi dengan hati-hati pada penderita tekanan darah tinggi. Beberapa perempuan mungkin dapat menggunakan pil tersebut, tetapi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan pil tersebut tidak akan memperburuk tekanan darah atau menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.
Kontrasepsi hormonal dapat mempengaruhi tekanan darah, terutama pada wanita dengan riwayat tekanan darah tinggi. Dokter akan mengevaluasi risiko individu dan mempertimbangkan alternatif non-hormonal atau metode kontrasepsi yang lebih aman sesuai dengan kondisi kesehatan.
Spiral tembaga, yang merupakan metode kontrasepsi non-hormonal, umumnya dianggap lebih aman bagi penderita tekanan darah tinggi. Namun, tetaplah berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan penggunaan spiral tembaga atau metode kontrasepsi lainnya, untuk memastikan kesesuaian dengan kondisi kesehatan.
Beberapa metode kontrasepsi non-hormonal, seperti kondom atau metode penghalang lainnya, umumnya dianggap memiliki sedikit atau tidak ada efek samping terhadap tekanan darah. Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan metode kontrasepsi yang paling aman dan sesuai dengan kebutuhan penderita tekanan darah tinggi.

Albatha Herbal Nusantara

Albatha Herbal Nusantara

Albatha Herbal Nusantara adalah perusahaan terkemuka di bidang herbal dan perawatan kulit/kecantikan berkualitas di Indonesia. Dengan komitmen tinggi terhadap inovasi dan kualitas produk, Albatha Herbal Nusantara menyediakan solusi alami yang efektif untuk kebutuhan perawatan tubuh dan kulit. Dengan portofolio produk yang luas, perusahaan ini menjadi pilihan utama bagi konsumen yang mengutamakan kesehatan dan kecantikan alami.