cara mencegah diabetes melitus dalam keseharian kita

Rahasia Sukses: Cara Mencegah Diabetes di Usia Muda

Edukasi mengenai bagaimana cara mencegah diabetes sejak dini akan membantu mengurangi angka penderita penyakit yang satu ini. Penyakit diabetes termasuk penyakit yang banyak dialami oleh penduduk Indonesia. Sebagian besar, penderita penyakit ini berusia 15 tahun keatas. Karena semakin banyak orang yang terkena penyakit diabetes, maka mengetahui bagaimana cara mencegah diabetes di usia muda menjadi edukasi yang penting sejak dini.

Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai bagaimana cara kita terhindar dari penyakit diabetes.

Cara-cara dibawah ini perlu dilakukan agar terhindar dari penyakit diabetes atau bahkan penyakit komplikasi yang disebabkan karena diabetes.

Cara Mencegah Diabetes Melitus

Beberapa cara dibawah ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari penyakit berbahaya diabetes.

Beberapa cara mencegah penyakit diabetes diantaranya adalah:

1. Menghindari Konsumsi Makanan Berlemak

makanan sehat untuk menjaga tubuh, cara mencegah diabetes hindari makanan lemak

Cara mencegah diabetes yang pertama adalah dengan menghindari mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar lemak tinggi.

Tidak hanya itu, makanan dengan kadar gula yang tinggi juga perlu dihindari seperti makanan manis atau makanan cepat saji.

Jika terlalu sering mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak dan gula yang tinggi, maka akan semakin berpeluang besar terkena penyakit diabetes.

Jenis makanan pantangan untuk penderita diabetes yang harus dihindari jika ingin mencegah penyakit ini adalah:

  • Minuman atau makanan yang memiliki kandungan karbohidrat sederhana yang tinggi seperti minuman ringan, kue-kue kering, permen, jajan manis, dan lain sebagainya.
  • Makanan atau minuman dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi seperti susu sapi berlemak tinggi, es krim, keju, sosis, kue, gorengan, dan nugget.
  • Minuman dan makanan dalam kemasan.
  • Makanan atau minuman dengan kandungan tinggi natrium seperti bumbu masak instan, mie instan, dan garam.

2. Mengkonsumsi Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan

makanan sehat untuk kita yang ingin menjaga kesehatan

Cara yang kedua adalah dengan perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Pastikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung nutrisi yang seimbang dan lengkap.

Yakni, vitamin, mineral, lemak baik, serat, protein dan karbohidrat.

Jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit diabetes diantaranya adalah:

  • Makanan dan minuman dengan kandungan tinggi lemak baik.
  • Jenis makanan yang mengandung lemak baik seperti alpukat, minyak zaitun, kacang almond, daging ikan yang tidak digoreng dan lain sebagainya.
  • Makanan dan minuman dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, sayur, buah-buahan, biji-bijian dan lain sebagainya.
  • Makanan dan minuman dengan kandungan tinggi serat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang polong, kacang merah, dan lain sebagainya.

3. Cara Mencegah Diabetes dengan Rutin Berolahraga

makan yang sehat dan berolahraga

Cara mencegah diabetes melitus yang ketiga adalah dengan rutin melakukan olahraga atau kegiatan fisik.

Olahraga secara rutin dapat menurunkan kadar gula darah sehingga ampuh untuk mencegah atau mengobati penyakit diabetes.

Olahraga kecil minimal 30 menit setiap harinya dapat membantu membakar kalori yang digunakan untuk menghasilkan sumber energi dan menyimpan glukosa ke dalam otot sebagai cadangan energi dalam tubuh.

Kegiatan olahraga juga akan membantu tubuh untuk menjadi lebih sensitif terhadap kadar insulin dalam tubuh.

Sehingga akan terhindar dari kondisi resistensi insulin dan menurunkan resiko terkena penyakit diabetes.

Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah diantaranya seperti jalan pagi, jogging, senam pagi, dan lain sebagainya.

Related Post:

4. Perbanyak Minum Air Putih

cara mencegah diabetes di usia muda dengan mengkonsumsi air putih

Cara mencegah diabetes yang keempat adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih.

Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dan rutin dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan insulin dalam tubuh.

Sehingga resiko terkena penyakit diabetes dapat diminimalisir.

Dengan mengkonsumsi banyak air putih juga akan mengurangi konsumsi minuman manis yang mengandung gula tinggi.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2.800 orang, memunculkan hasil bahwa orang dengan kebiasaan minuman manis per harinya memiliki risiko lebih besar 20% terkena penyakit diabetes di usia senjanya.

Jadi, dibandingkan mengkonsumsi minuman manis, lebih baik memperbanyak konsumsi air putih.

5. Cara Mencegah Diabetes Mengelola Stress

Stress merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit diabetes pada seseorang.

Hal ini karena ketika seseorang mengalami stress berkepanjangan, tubuh akan memproduksi hormon tertentu.

Hormon yang diproduksi saat stress ini akan membuat tubuh resisten terhadap insulin.

Alhasil, resiko terkena penyakit diabetes akan semakin meningkat.

Pastikan mengelola stress dengan baik yakni dengan melakukan kegiatan hiburan atau liburan di tengah kesibukan.

Contohnya seperti berkumpul dengan keluarga atau teman, melakukan hobi atau kesukaan, menonton film, dan melakukan kegiatan menyenangkan lainnya.

6. Menjaga Porsi Makan

makanan yang sehat bervitamin

Cara mencegah diabetes yang keenam adalah dengan menjaga porsi makan yang masuk ke tubuh setiap harinya.

Memakan makanan dalam jumlah besar atau berlebihan akan menambah banyak jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Kondisi gula darah yang masuk ke dalam tubuh yang selalu tinggi karena terlalu banyak makan atau minum manis dapat memperbesar kemungkinan mengidap penyakit diabetes.

Jika sudah terbiasa dengan jumlah atau porsi yang besar, maka tubuh akan terbiasa harus makan dalam porsi yang besar.

Dengan kebiasaan ini, maka asupan gula yang masuk ke dalam tubuh akan jauh lebih besar daripada kebutuhan yang seharusnya.

7. Cara Mencegah Diabees di Usia Muda dengan Menjaga Berat Badan

Cara yang ketujuh adalah dengan selalu menjaga berat badan ideal agar tidak mengalami obesitas.

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit diabetes.

Hal ini karena orang yang mengalami obesitas memiliki sistem metabolisme tubuh yang buruk sehingga sel-sel dalam tubuh tidak bisa merespon insulin dengan normal.

Sehingga tubuh akan kurang atau bahkan sama sekali tidak sensitif terhadap insulin yang berujung pada kondisi resisten insulin.

Dari hasil uji klinis yang dilakukan oleh National Institutes of Health menyatakan bahwa dengan menurunkan berat badan dan menjaga berat badan ideal dapat mencegah diabetes sebesar 58%.

Menjaga berat badan ideal juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan sehingga akan terhindar dari berbagai penyakit kronis lainnya seperti stroke, tekanan darah tinggi, ginjal dan lain sebagainya.

8. Mencukupi Kadar Vitamin D

saran dokter untuk kesehatan

Cara mencegah diabetes yang kedelapan adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin D dalam tubuh.

Vitamin D dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes karena vitamin ini bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin yang ada.

Sehingga risiko resistensi tubuh terhadap insulin akan berkurang dan akan menurunkan risiko penyakit diabetes.

Sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin D yang bisa dikonsumsi diantaranya adalah yogurt, ikan salmon, alpukat dan lain sebagainya.

Jadi, rutin mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D atau mengkonsumsi suplemen tambahan yang mengandung vitamin D dapat membantu mencegah terkena penyakit diabetes di usia senja.

9. Melakukan Pengecekan Gula Darah dengan Berkala

Cara yang kesembilan adalah dengan melakukan pengecekan gula darah dengan berkala dan berkelanjutan sehingga dapat mengetahui secara pasti kadar gula darah dalam tubuh.

Dengan melakukan pengecekan secara rutin, maka bisa melakukan tindakan preventif.

Sebaiknya melakukan pengecekan gula darah minimal satu tahun sekali.

Saat ini, pengecekan gula darah bisa dilakukan di laboratorium dengan harga yang sangat terjangkau.

Apabila dari hasil monitoring dinyatakan beresiko besar mengidap penyakit diabetes, maka dianjurkan untuk segera menemui dokter terdekat atau terpercaya agar memperoleh penanganan yang baik dan terarah.

10. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Cara mencegah diabetes kesepuluh adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Dengan melakukan pola hidup sehat seperti melakukan olahraga rutin dan mengkonsumsi makanan atau minuman yang sehat, maka akan menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

Melakukan pola hidup sehat bisa mencegah terjadinya penyakit diabetes dan juga penyakit kronis lainnya di masa senja seperti jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.

Jadi, menerapkan pola hidup sehat akan membantu menjaga kesehatan sampai usia senja.

11.  Jangan Melewatkan Jam Makan

Cara mencegah diabetes yang terakhir adalah dengan jangan melewatkan jam makan.

Karena dengan makan sesuai dengan jadwal atau jam makan, akan mencegah tubuh untuk makan dalam porsi besar.

Mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak akan membuat lebih banyak gula yang masuk ke tubuh.

Jika proses ini dilakukan secara terus menerus sehingga akan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes di masa mendatang.

Kesimpulan

Melakukan berbagai cara mencegah diabetes sebagaimana sudah dituliskan diatas bisa digunakan sebagai acuan agar terhindar dari penyakit diabetes. Karena, jika sudah terkena penyakit diabetes maka akan sangat mudah terkena penyakit kronis lainnya. Semoga bermanfaat.

Pertanyaan Tentang Cara Mencegah Diabetes

Faktor risiko diabetes meliputi obesitas, riwayat keluarga dengan diabetes, usia di atas 45 tahun, kurang aktivitas fisik, sindrom ovarium polikistik, dan kondisi seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

Ya, pola makan memiliki peranan penting dalam pencegahan diabetes. Mengonsumsi makanan kaya serat, biji-bijian utuh, dan mengurangi asupan gula serta makanan olahan dapat membantu mencegah peningkatan kadar gula darah dan risiko diabetes.

Untuk meningkatkan aktivitas fisik, Anda bisa memulai dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda selama 30 menit sehari. Selain itu, mengintegrasikan aktivitas fisik ke dalam rutinitas sehari-hari seperti naik tangga daripada lift atau parkir jauh dari tujuan juga dapat membantu.

Ya, berhenti merokok dapat membantu mencegah risiko diabetes. Rokok meningkatkan peradangan di tubuh dan dapat menyebabkan resistensi insulin, yang keduanya berkontribusi pada risiko diabetes.

Sangat penting. Melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin dapat membantu mendeteksi kadar gula darah yang tinggi sebelum berkembang menjadi diabetes. Dengan deteksi dini, Anda dapat segera mengambil langkah pencegahan yang diperlukan.

Albatha Herbal Nusantara

Albatha Herbal Nusantara

Albatha Herbal Nusantara adalah perusahaan terkemuka di bidang herbal dan perawatan kulit/kecantikan berkualitas di Indonesia. Dengan komitmen tinggi terhadap inovasi dan kualitas produk, Albatha Herbal Nusantara menyediakan solusi alami yang efektif untuk kebutuhan perawatan tubuh dan kulit. Dengan portofolio produk yang luas, perusahaan ini menjadi pilihan utama bagi konsumen yang mengutamakan kesehatan dan kecantikan alami.